Senin, 11 Juni 2012

Eh, Yang Normal Tu Yang Kayak Gimana Sih Sebenernya?!!

Setiap kali beraksi, dengan keluar dari kedok penyamarannya, sehingga dia mampu tampil sebagaimana adanya dirinya, superman terlihat selalu memakai celana dalamnya yang merah menyala itu di luar, melapisi celana panjang ketat birunya itu (sehingga 'sesuatu' yang menonjol di selangkangannya itu begitu menggoda ibu-ibu muda yang ditinggal kerja suaminya, yang sebenernya juga malah lagi sibuk cari selangkangan-selangkangan baru di kantor, di siang bolong agak gerimis di kota-kota terdekat yang kamu tau). Ini berbeda dengan ordinary-man, manusia-manusia biasa, yang selalu memakai celana dalamnya di dalam (karena dipake di dalam ini maka dinamakan celana dalam, bukan?!!..). Ketika sedang menyamar menjadi manusia biasa, manusia-manusia kebanyakan, toh superman juga selalu memakai celana dalamnya di dalam, bukan?!


Apakah kita yang selama ini sebenarnya telah keliru? Bahwa benda yang kita sebut sebagai celana dengan model potongan segi-tiga ato yang semacam itu seharusnya dipakainya di luar, seperti cara pakenya superman. Dan ternyata kita telah lama keliru dengan memakainya di dalam.
Ah, atau mungkin ini cuma karena dia itu sejatinya adalah manusia super saja, maka dia berani menyatakan dan menjalankan apa yang menurutnya benar dan pantas, dengan memakainya di luar, sehingga dia tampil super dan kita begitu memujanya. Sedangkan kita kan cuma manusia-manusia biasa, yang gak super, jadi ya...biasa-biasa aja, gak ada istimewanya! Selalu memakai celana dalam di dalam, dan tampil sebagaimana ketika superman sedang menyamar, sedang memakai kedok ato topeng, dan karena itu gak tampil sebagaimana asli sejatinya.

Oh, padahal super itu kan bisa dibilang gak normal ya, ato abnormal, karena gak sesuai sama standar normal manusia yang banyak dipakai secara umum, jadi di luar adat dan kebiasaan. Nah, berarti superman itu sebenernya gak normal kan?! Adat sama kebiasaan orang-orang adalah memakai celana dalam ya di dalam, sedangkan superman malah make celana dalamnya di luar, berarti emang gak normal kan? Dia berani mendobrak adat gitu, keluar dari pakem kenormalan masyarakat, demi menampilkan kesejatian dirinya yang sebenarnya adalah seorang manusia super itu.



Lalu, orang-orang yang biasanya justru kita bilang abnormal, atau ada kelainan, apakah mereka sebenernya juga masuk kategori super?! Pasti iya deh, yang abnormal pasti lain dari manusia biasa kan?! Dia pasti gak pake topeng ato kedok-kedok yang sama kayak yang banyak dipake orang-orang, atas nama adat kebiasaan itu. Mereka bisa disebut juga manusia yang luar biasa, karena emang di luar kebiasaan itu. Terus kenapa kita begitu memuja superman, tapi di saat yang sama juga menghujat manusia-manusia lain yang sebenarnya super dan luar biasa ini, gara-gara dia abnormal?! Kan gak adil tuh..


Ato semua ini sebenernya cuma gara-gara kita ngiri karena ternyata kita gak mampu untuk tampil sebagaimana adanya kita, dan karena itu kita gak pernah berani untuk menjadi super, maka kita terus berlindung di balik topeng dan kerudung, dan terus saja menghujat atas nama adat dan kenormalan?

Btw, gimana ya wujud mario teguh semisal dia memakai celana dalam di luar, kemudian tampil di tv-tv sambil dengan muka sok positifnya itu berkata: salam super! Hehehee.. (maaf kalo khilaf, namanya juga manusia, manusia yang biasa-biasa aja lagi, bukan manusia yang super).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar