Sabtu, 16 April 2011

Anti-Statis

Aha, pas bongkar-bongkar notes saya nemu tulisan ini. Lupa kalo pernah nulis ini, tanggal kapan saya nulisnya juga udah gak inget, gak kecatet. Tapi abis baca, saya bisa inget kejadiannya. Dan saya pikir lumayan juga buat dibagi, jadi saya ketik lagi deh..
* * * * *

Waktu jalan ke Kediri, pake bus antar-kota, malam-malam gitu, dua orang mbak-mbak di belakang kursi saya lagi rame. Sebenernya gak rame-rame juga sih, tapi saya denger suara mereka, jadinya saya nguping.. Hehee.. Rupanya mereka lagi curhat-curhat manis gitu. Dalam satu sesi curhatannya, si mbak yang satu cerita kalo cowoknya minta dia biar bisa lebih dinamis gitu. Haha.. Dinamis?? Ya rupanya si mbak ini ngerasa hari-harinya di Malang selama kuliah itu garing..hampa..

Ya gimana gak mau garing kalo sehari-hari acaranya cuma bangun tidur buat nongkrong di kelas tertutup liat dosen mengulang hal-hal yang sama selama bertahun-tahun, abis itu paling pergi ke kantin, basa-basi, ngomongin sinetron ato acara-acara tv yang lagi hip, trus pulang ke kos buat tidur. Ntar bangun lagi buat makan, nonton tv, trus tidur lagi, bangun lagi..tidur lagi.. Sangat stabil hidup si mbak ini, sangat standar, ato kalo boleh dibilang: monoton, mono-tone, membosankan, gak ada warna lain selain hitam, atau putih. Paling banter acara yang bisa diselipin di sela-sela hari-hari rutinnya itu ya pacaran. Nah, pas pacaran ini rupanya si cowoknya minta dia biar bisa sedikit lebih dinamis gitu. Kalo seanalisa saya ni cowoknya adalah sejenis aktivis kampus gitu. Bukan yang tipe political-minded, yang katanya suka membela orang-orang yang lemah dan tertindas, tapi lebih ke tipe-tipe cowok yang suka aktif bikin acara-acara di kampusnya.  

Yaa, saya dulu juga gitu, paling pertimbangannya: uang kuliah kan sudah mahal banget, sementara yang saya dapat dari kampus cuma celotehan dosen-dosen yang membawakan opera sabun yang sama selama bertahun-tahun. Satu-satunya cara yang masuk akal buat ambil kembali kompensasi atas duit yang sudah saya bayarkan, ya ambil lagi tu duit, salah satu caranya ya bikin banyak proposal acara-acara di kampus biar duitnya keluar dari kantong kampus. Acara apa aja, yang kadang juga gak masuk akal dan jelas gak masuk program kampus, kayak bazar buku plus ice-cream party, yang penting bikin proposalnya dulu. Ya kalo diitung-itung emang gak seberapa, gak sepadan, tapi paling enggak dari situ kita bisa seneng-seneng bareng-bareng. Tapi apa itu kemudian bisa bikin saya ngerasa dinamis?? Ehm, kadang iya.. Terutama kalo itu bisa bikin saya ketemu sama orang-orang baru, dengan tipe yang berbeda-beda, buat melakukan hal-hal baru juga. Tapi selebihnya yaa.. biasa aja tuh..

Lama setelah hal ini berlalu, saya pikir lagi toh semua itu sebenarnya cuma pelarian atas sistem penjara pendidikan kelas tinggi. Bentuk rebel saya atas bobroknya sistem pas waktu itu ya cuma segitu itu, sebelum akhirnya saya memutuskan untuk benar-benar hengkang dari situ..

Jujurnya, saya ngerasa jauh lebih dinamis, dan menantang, justru setelah saya lebih kenal dunia so-called: punx (ato whatever sebutannya). Sebentuk dunia yang ada di luar pagar kampus, dan justru karena kedinamisannya itu maka diharamkan untuk masuk kampus. Gimana gak dinamis coba, lha bentuk, wujud, kelakuan,  ato mesti gimana-gimananya antara scene punk satu sama yang lain juga bisa beda-beda. Gak ada sesuatu yang seragam, atau diseragamkan. Gak ada juga satu otoritas tunggal yang berhak menyatakan kebenaran tunggal tentang mana yang punk ato mana yang bukan punk. Dan justru itu asiknya, kita sendiri yang harus dan akan menentukan bentuk ato wujud dunia ini. Di sini saya juga mau gak mau turut berkontribusi buat membangun dan menghidupi dunia mungil ini, apapun bentuknya..

Nah, mungkin si mbak ini gak harus nge-punk juga buat bikin hari-harinya lebih hidup.. Tapi, coba aja bolos kuliah untuk kemudian bercinta sama cowoknya, bikin anak.. Abis itu dijamin dia bakal ngerasa hidup itu begitu mengejutkan, rame, begitu penuh sesak atas berbagai kemungkinan-kemungkinan tak terbayangkan, yang terhampar tepat di depan hidung. Apalagi kalo kemudian si mbak ini bener-bener hamil, trus si bayi mungil itu sudah nongol ke dunia.. Wow, saya bisa bayangkan kalo hidup itu begitu ajaib, so dynamic, so live, so real.. Sama kayak laju bus yang malam itu kami tumpangi: goncangannya terasa nyata di pantat!!

Yang saya ingin katakan adalah bahwa sebenernya cuma butuh satu ‘sentilan’ kecil aja kok buat membuktikan bahwa dunia ini ternyata sangat tidaklah stabil, tidaklah mapan seperti yang keliatan. Dan ternyata justru ketidakstabilan dan ketidakmapanan inilah yang juga memungkinkan bagi dunia ini untuk terus bergerak, terus dinamis dan anti-statis. Menjadikan dunia mungil ini begitu hidup!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar